Cara memutihkan kulit wajah berminyak

By On Tuesday, January 10th, 2017 Categories : Tips Kesehatan

Cara memutihkan kulit wajah berminyak – Pada jenis kulit wajah berminyak, hormon androgen menjadi penyebab utama munculnya minyak berlebih pada kulit. Untuk memulai cara memutihkan kulit wajah berminyak diperlukan perawatan yang cukup intensif, karena sel kulit mati dengan minyak bisa menumpuk dengan kotoran.

Cara memutihkan kulit wajah berminyak

Pori-pori kulit wajah berminyak sering tersumbat campuran kotoran dan minyak yang kemudian menjadi bintik hitam ataupun komedo. Kondisi ini juga memicu pertumbuhan jerawat pada wajah.

Langkah awal merawat kulit wajah berminyak agar tampil putih bersih

Dalam merawat wajah berminyak, langkah penting yang harus kita lakukan adalah menjaga kestabilan produksi kelenjar minyak agar tidak berlebih. Untuk itu dibutuhkan keseimbangan agar produksi minyak pada wajah sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Pilihan perawatan terbaik untuk jenis kulit ini dimulai dengan mengurangi keluarnya minyak berlebih dengan bahan kimia atau sabun khusus kulit berminyak. Penggunaan kedua bahan ini pun mesti diperhatikan, agar tidak menyebabkan masalah lain pada kulit. Misalnya iritasi pada kulit dan kulit menjadi kering.

Beberapa cara memutihkan kulit wajah berminyak

1. Lakukan diet terhadap makanan yang mengandung minyak

Cara efektif untuk mengurangi produksi minyak pada jenis kulit ini dapat ditempuh dengan melakukan diet terhadap makanan berminyak. Dengan cara ini, anda bisa mengurangi keluarnya minyak berlebih pada kulit wajah anda.

2. Menggunakan sabun pencuci wajah

Ketika mencuci wajah dengan menggunakan sabun, hindari memakai sabun yang mengandung kadar alkohol dan alkali yang tinggi. Karena bisa menyebabkan kulit menjadi cepat kering. Pilihlah sabun khusus untuk kulit berminyak dengan bahan-bahan yang mengandung minyak zaitun, buah alpukat dan almond.

Disarankan untuk mencuci wajah 2 kali sehari dengan sabun berbusa lembut. Hindari mencuci wajah terlalu sering, walaupun menggunakan sabun khusus pencuci wajah. Pada kondisi kulit berminyak, terlalu sering mencuci wajah bisa merusak kelembaban alami kulit.

3. Mencuci wajah dengan air hangat

Membersihkan wajah dengan air hangat dapat menghentikan keluarnya minyak berlebih pada kulit. Menggunakan air hangat pun akan mempermudah sabun menghilangkan kotoran dan minyak pada wajah.

4. Hindari sering menggosok wajah dengan tissue atau handuk

Memang benar, kotoran pada wajah perlu dibersihkan agar debu ataupun kotoran lain tidak menempel dan meresap pada lapisan kulit. Namun, tidak disarankan bila menggosok wajah berlebihan dengan tissue atau handuk.

Cukup bersihkan wajah dengan tissue atau handuk yang lembut dengan cara menempelkannya perlahan. Jangan gunakan gerakan menekan dan menggosok berlebihan karena bisa merusak lapisan kulit dan menyebabkan iritasi.

5. Menggunakan pelembab kulit untuk wajah berminyak

Sebagai bagian dalam cara memutihkan kulit wajah berminyak yang efektif, penggunaan pelembab pada jenis kulit berminyak juga berperan penting. Gunakan pelembab khusus yang bisa menjaga kestabilan kelembaban kulit.

Bila anda bingung, konsultasikan pada dokter khusus yang ahli menangani masalah kulit dan kecantikan atau kalian bisa gunakan produk pemutih wajah / kecantikan yang aman dan halal sudah terbukti bebas efek samping.

Pelembab yang menggunakan bahan kimia ataupun sintetis bisa memunculkan masalah lain pada kulit wajah. Misalnya dehidrasi pada kulit, alergi bahkan dapat memicu tumbuh jerawat. Pemakaian pelembab pada kulit berminyak direkomendasikan dilakukan setelah membersihkan wajah anda dengan sabun yang lembut.

Cara memutihkan kulit wajah berminyaktidak bisa didapat dalam waktu yang singkat. Lakukan tahapan perawatan diatas dengan benar secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara memutihkan kulit wajah berminyak | admin | 4.5